sekilas tentang Fisioterapi

        Fisioterapi adalah suatu cara atau bentuk pengobatan untuk mengembalikan fungsi suatu organ tubuh dengan memakai tenaga alam.Dalam fisioterapi tenaga alam yang dipakai antara lain listrik,sinar,panas,dingin,massage dan latihan yang mana penggunaannya disesuaikan dengan batas toleransi penderita sehingga didapatkan efek pengobatan.[Krausen.1985]. Menurut Departemen Kesehatan Indonesia Fisioterapi adalah suatu pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk individu dan atau kelompok dalam upaya mengembangkan, memelihara, dan memulihkangerak dan fungsi sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan modalitas fisik, agen fisik, mekanis, gerak dan komunikasi.difinisi lain daripada fisioterapi adalah merupakan ilmu yang menitik beratkan untuk menstabilkan atau memperbaiki gangguan fungsi alat gerak/fungsi tubuh yang terganggu yang kemudian diikuti dengan proses/metode terapi gerak.Istilah yang sinonim adalah Physical therapy,Physiotherapy,Terapi Fisik,atau Kadang juga disebut pulih fisik.Pelayanan Fisioterapi relative aman dari pengaruh yang dapat merugikan kesehatan karena tidak menggunakan obat-obatan atau bahan kimia ,demikian pula penyinaran yang dilakukan fisioterapis bukanlah penyinaran yang dapat merusak atau mematikan sel2 tubuh seperti yang banyak dikwatirkan oleh sebagian masyarakat.melainkan sinar infra merah yang kita ketahui terdapat pula pada sinar matahari.

Sifat Layanan Fisioterapi

Dalam menjalankan tugasnya fisioterapi bersifat mandiri,dependensi,ketergantungan dan interdependensi/saling kertergantungan.

1.Mandiri

 Pelayanan fisioterapi yang bersifat mandiri meliputi upaya peningkatan /preventif /pencegahan /persuasive/seperti meningkatkan kebugaran dengan cara memberikan latihan-latihan tertentu.sedangkan untuk upaya pencegahan diberiakn melaui deteksi dini pada bayi yang baru lahir dan anak balita.

2.Dependensi[ketergantungan}

 Pelayanan fisioterapi berupa kuratif spesialistik menerima rujukan dari dokter ahli seperti,Ahli syaraf,bedah,internist,anak,kandungan.

3.Interdependesi

    Pelayanan yang bersifat saling ketergantungan berupa pemulihan rehabilitasi yang bekerja sama dengan dengan tenaga kesehatan lainnya .Misalnya Polio,Cerebral Palsy.

  

145 Balasan ke sekilas tentang Fisioterapi

  1. supono mengatakan:

    bila ada rekan2 yg membutuhkan alat2 fisioterapy dapat menghubungi 08567823345/021-98954054

  2. healthy blog mengatakan:

    [...] sekilas tentang Fisioterapi [...]

  3. raja mengatakan:

    salam kenal, saya fisioterapis yang bertugas di rumah sakit UIN Syarif Hidayatullah Ciputat. mari sharing mengenai fisioterapi.

  4. herdinrusli mengatakan:

    @ salam kenal balik

  5. aina mengatakan:

    salam..sya adalh lepasan spm dan m’anggap bidang fisioterapi ni menarik.tetapi bagaimana dengan peluang pekerjaan nanti???

  6. herdinrusli mengatakan:

    Peluang kerja fisioterapi ke depan akan semakin terbuka lebar dengan adanya kemajuan Iptek Fisioterapi,adanya perubahan pola penyakit akibat gaya hidup sehingga permasalahan gerak dan fungsi akan semakin meningkat.Penerimaan masyarakat terhadap layanan fisioterapi semakin baik.Fisioterapi dapat berperan dalam Olahraga prestasi,Rumah Sakit,Klinik spesialis dokter berkelompok,pusat kebugaran,klinik kecantikan,Industri,dll

  7. end mengatakan:

    kalo hanya sekilas yah seperti ini, masih kurang jelas apa itu sebenarnya fisioterapi. tapi, sejalan dengan waktu itu sendiri saya tahu apa itu fisioterapi dan peluang kerja nantinya. yah, saya adalah salah satu mahasiswi fisioterapi di surakarta, dan saat ini juga masih trus belajar tentang penanganan fisioterapi.

  8. Uray Riki mengatakan:

    salam kenal…

    saya pelajar kelas 3 sma ipa, ingin melanjutkan ke fakultas fisioterapi..

    kira-kira di mana yang bagus menurut anda??

  9. herdinrusli mengatakan:

    @ END
    Salam kenal untuk rekan rekan di Surakarta

    @ Uray Riki

    menurut saya yang bagus kalau di daerah Jakarta ada di Fak fisioterapi Universitas Indonesia esa Unggul,untuk wilayah indonesia timur ada di fakultas kedokteran Unhas Makassar Program Studi S1 Profesi Fisioterapi.Wilayah Jawa ada di Surakarta.

  10. zari wahyu pratama mengatakan:

    assalamu’alaikum
    salam kenal saya mahasiswa fisioterapi unv.indonusa esa unggul

  11. Elia mengatakan:

    Alhamdulillah sy sudah dterima d fisioterapi.Tp msh bngung peluang krja utk ke depan masih bgus tidak?

  12. Elia mengatakan:

    Alhamdulillah sy sudah dterima di fisioterapi UI.Tp msh bngung peluang kerja ke depanny masih bagus ato tidak?karena menurut info dr dokter kenalan sy,fisioterapi utk saat ini sudah kurang bagus.

  13. ayuuni mengatakan:

    salam…
    saya adalah plajar lpasan spm dan madapat tawaran mlanjutkan plajaran dalam bidang fisioterapi di uitm..
    bagaimanapun,tawaran yg sya trima jauh menyimpang dari apa yg saya betul2 inginkan…
    saya smemangnya mahu bidang perubatan atau lebih dkenali dgn medic..tapi,bagaimana ya..
    sya dalam dilema ketika ini kerana tidak langsung mengetahui apa sebenarnya kandungan pelajaran tentang fisioterapi ini dan pekerjaan yg bakal saya hadapi di masa akan datang…
    minta beri penjelasan…
    terima kasih…=)

  14. Ninda Kartikadewi mengatakan:

    assalamualaikum wr wb. salam kenal. saya baru saja diterima sebagai mahasiswa jurusan fisioterapi di universitas indonesia. saya juga masih asing dengan jurusan ini. tapi saya justru merasa tertarik. kata orang2 sih, peluang kera fisioterapist kedepannya akansemakin terbuka.

  15. herdinrusli mengatakan:

    @ salam kenal balik

    @ Peluang kerja fisoterapi kedepan Insyallah akan
    semakin baik.Kajian Fisioterapi adalah gerak dan
    fungsi sedang manusia bergerak dalam
    kehidupannya
    adalah 70%.Gangguan gerak fungsional hanya dapat
    ditangani secara efektif oleh terapis gerak
    /Fisioterapis.Sayangnya belum semua dokter
    mengerti
    tentang peran dan fungsi fisioterapi kecuali di
    luar
    negeri.Info dari dokter kenalan anda kurang
    akurat.Kalau mau bertanya tentang fisioterapi
    tanyalah pada fisioterapis

  16. herdinrusli mengatakan:

    @ Ninda
    Semoga tetap terus semangat.

  17. antika mengatakan:

    ass..
    klo qta masuk jurusan fisioteraphy, bid study apa sja yg akn qta plajari??
    ex. fisika??

    • herdinrusli mengatakan:

      Ya,Biokimia,Anatomi,Fisiologi,Musculoskeletal,Neurologi,Biofisika ( Sumber Fisis).Tapi tergantung Program apakah DIII,DIV,atau S1.Muatan materi pelajarannya sedikit berbeda

  18. Ninda Kartikadewi mengatakan:

    kalo d3 fisioterapi unutk ngelanjutin ke s1 itu kemana yah? harus ke luar negeri kah?

    • herdinrusli mengatakan:

      Untuk melanjutkan S1 Alhamdulillah gak perlu keluar negeri.Di Universitas Hasanuddin Makassar {UNHAS }Fak.Kedokteran sekarang membuka program S1 Profesi Fisioterapi baik dari jalur SMU,maupun jalur lanjutan DIII,DIV.UNTUK Program Sarjana Fisioterapi {S.Ft } dan profesi {Physio}

    • eunike sinaga mengatakan:

      ga jg, dijakarta ada ko, STIKes Binawan dan Indonusa esa unggul sdh D4..

  19. suprian bunawan mengatakan:

    aslmkm

    saya sangat senang melihat blog ini…
    sebagai mahasiswa tingkat 4 jurusan Fisioterapi di UI saya bernafas lega karena tidak harus keluar negeri untuk melanjutkan studi S1 saya insya Allah…
    saya mendukung KEMANDIRIAN FISIOTERAPI dengan semangad tinggi…semoga respon saya dapat mebuat semangad para pendahulu yang mengembangkan profesi fisioterapi…

    oiya…bulan Juni yang lalu telah di deklarasikan IMFI (Ikatan Mahasiswa FIsioterapi Indonesia), ini sekedar informasi untuk para profesional di bidang profesi Fisioterapi…saya yakin ada SEMANGAD yang tinggi dari kita semua…

    satu pernyataan :
    Mas, menurut saya kita harus lebih giat untuk mempublikasikan bahwa telah terbentuknya perkembangan profesi jurusan Fisioterapi khususnya S1…insya Allah saya akan lebih giat mempublikasikannya di lingkungan kampuz…tapi menurut saya sebagai Mahasiswa banyak teman2 saya yang lain tidak mengetahui ini…Tolong kesertaan mas untuk lebih memperhatikan kami para generasi penerus…terima kasih

    Ayo kita Dukung KEMANDIRIAN FISIOTERAPI

  20. herdinrusli mengatakan:

    @Alhamdulillah saya sangat senang sekali pada semangat Mas Suprian dan harapan saya semangat tersebut terus terpupuk.

    Saya Berharap dengan terbentuknya IMFI [Ikatan Mahasiswa Fisioterapi Indonesia}dapat memberikan konstribusi positif bagi perkembangan fisioterapi umumnya dan kualitas mahasiswa fisioterapi khususnya dan terkhusus lagi kualitas ilmu fisioterapi itu sendiri.Dengan demikian Kemandirian Fisioterapi yang kita idamkan dapat terwujud secara nyata,bukan wacana belaka.

    Salah satu cara dari berbagai cara agar profesi kita mandiri maka level pendidikan fisioterapi haruslah ditingkatkan minimal 4 tahun sesuai yang diamanatkan WCPT.Dan Alhamdulillah Untuk pendidikan profesi sesuai amanat UU SisDiknas No.2o thn 2003 telah ada di Unhas.

  21. Vikha mengatakan:

    ASslm,, Sebenarnya fisioterapi itu setingkat ma dokter apa tidak?? Kenapa yah di Luar negri fisioterapi itu di sejajarkan dengan dokter?? kenapa di indonesia berbeda ya?

    • herdinrusli mengatakan:

      Wassalam,Kalau ditinjau dari level pendidikan fisioterapi Indonesia masih tertinggal dibanding negara lain,Mayoritas pendidikan Fisioterapi Indonesia adalah Diploma.Sedang Dokter adalah sebutan bagi seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana [S.Ked]Mereka disebut dokter jika mengambil pendidikan Profesi.Di luar negeri,yang fisioterapis yang disebut Physical Therapy /Physiotherapist{PT,Physio}jika telah menyelesaikan sarjana lengkap ditambah Pendidikan profesi.sehingga dokter ataupun PT [Physical Therapist]mitra kerja yang sejajar.sedang fisioterapis yang berpendidikan diploma disebut PTA[Physical Therapist Assistent)atau asisten Fisioterapis.

      • vikha mengatakan:

        Oo,, begitu ya mas,
        soalnya saya masih rada bingung, kemarin kebetulan kakak saya pulang dari belanda, kakak saya bilang fisioterapis disana sudah pakai spesialisasi gitu,, misalnya fisioterapi saraf, kardio n rspiratory, jadi bener ya mas kalo fisioterapi itu juga ada spesialisasi ilmunya?? dan prospek kedepan fisioterapi ini gimana ya mas,, karena jujur saya mencari buku2 tentang fisioterapi ini sulit sekali.

      • herdinrusli mengatakan:

        Di Eropa kemajuan Fisioterapi sangat pesat,Program Doctor of Physical Therapy sudah bermunculan di mana-mana.Pendidikan mereka diarahkan untuk Spesialisasi,Neurologi (Syaraf),Pediatrik [tumbuh-kembang anak),Orhthopaedi( Bedah Tulang-dan Sendi)Dll..
        Prospek Fisioterapi kedepan Insyallah akan saya coba jelaskan dalam bentuk artikel.Khusus untuk toko buku semacam gramedia dipastikan jarang buku fisioterapi terpajang.Tapi di Kampus atau Institusi yang mengelola pendidikan fisioterapi umumnya literaturnya di luar atau buku asli yang dikirim dari luar.Khususnya di Unhas buku Fisioterapi di perpustakaan Kedokteraran Unhas cukup memadai.

    • herdinrusli mengatakan:

      betul sekali…tetapi itu bru d luar negri…d indonesia blum ada….tetapi jika ingin mngambil specialist nya…harus melewati tahap S1 Profesi Fisioterapi sebagaimna yg dilakukan oleh Dokter lain sbelum mngambil spesialisnya….di Fakultas Kedokteran Universitas Hassanuddin contoh nyatanya….sudah di buka S1 Profesi Fisioterapi Pertama di indonesia….yg dimana tahun ini sudah di pilih 2 orang alumni angkatan pertama lulusan S1 untuk mlanjutkan S2 di Australia (tuk ngambil spesialisnya)…mereka adalah yg berprestasi…and jika mereka bisa kenapa YANG LAIN tidak….y ga…jd..kamu adalah salah 1 dr jutaan orang yg g salah dalam memilih bidang ini…masalah prospek…sangat lah berpeluang…krn bnyak yg mmbutuhkan fisioterapi…sangat bnyak…buku2 fisioterapi mudah ko di dapat…tetapi kebanyakan yg berbahsa inggris….jadikan Halangan sbgai Tantangan, Tantangan jadikanlah Peluang tuk berkembang,,,,1 lg..Fisioterapi beda dgn Dokter,,,Tetapi Fisioterapi SETARA dgn Dokter…semoga bs paham atas apa yg tlah saya paparkan d atas…terima kasih.

  22. vickha mengatakan:

    assalamuaalaikum.wr.wb
    mas,tolong dong jelasin kelebihan dan kekurangan fisioterapi dari praktisi kesehatan lainnya,, seperti dokter mas.. mkasih sblomnya mas..

    • herdinrusli mengatakan:

      Fisiterapi dalam kerjanya menggunakan media alam seperti Gelombang elektromagnet,Stimulasi listrik dari yang berfrekuensi rendah sampai menengah,Media Gelombang Suara,Laser,UlraViolet,Media air berupa Temperaturnya,Tek.Hidrostatik dan komponen air.Media latihan mulai dari latihan sederhana sampai yang kompleks.Manual Therapy,dll.metode pendekatan yang digunakan physiotherapy tidak akan merusak hati,lambung,ginjal seperti pada Chemotherapy[obat-obatan]asalkan dilakukan oleh Fisioterapis yang berkompoten.Fisioterapis bekerja untuk memacu Healing Proses yang ada pada tubuh itu sendiri {self healing].Namun pada kondisi tertentu pengobtan Fisioterapi memerlukan waktu yang lama.

  23. Ve apuesto mengatakan:

    aSSmlkm. .

    kLo fisioterapi menggunakan ilmu hipnosis Bisa gak kira2..??

    • herdinrusli mengatakan:

      wsslm, kenapa tidak.Penerapan HipnoPhysio[hipnosis dalam terapan untuk Fisioterapis ]sangat membantu untuk memulihkan kondisi pasien terutama yang Psikosomatis.

  24. eunike mengatakan:

    slmt mlm, salam knal, saya fisioterapi STIKes Binawan angkatan 2006…

    hanya ingin memberikan sdkt tmbhn ttg klbhn fisiotrapi..
    fisiotrapi itu sbnrna sama dgn dokter, hanya perbedaannya kita tdk memberikan resep,,dan skrgpun fisioterapi sdh dikeluarkan undang2 untuk fisiotrapi, bahwa fisiotrapi sdh dapat prkt mandiri layakna sprt dokter, n prospek FT kedepan itu akn sangat besar skali, dan jika kita ingin kompeten disatu bidang sprt yg telah dipaparkan di atas bahwa dibelanda sdh ada fisiotrapi neuro dll, saya rasa di indonesia sdh ada fisiotrapi pediatric, cardiovaskuler, muskuloskeletal, dll..itu nanti tergantung peminatan kita ketika kita sedang kuliah n skripsi, jika kita ingin kompeten dalam satu bidang sebaiknya kita mendalami bidang tersebut dan lebih menggali lg ttg ilmu tersebut, mungkin dgn mencari journal2 yg dapat menambah ilmu kita ttg bidang trsbt.contohnya, kita ingin menjadi fisio pediatric misalnya bs saja ketika skripsi kita mengambil judul ttg anak n melakukan penelitian ttg ank trsbt..
    saya hanya ingin menambahkan sdkt ttg keuntungn kita mengambil jurusan fisio,hehhee..
    smoga info yg saya berikan dapat berguna utk tmn2 skalian,amiin..

    • herdinrusli mengatakan:

      Slm kenal balik,
      klo boleh tlng informasikan profil Stikes Binawan soalnya saya dan mungkin banyak teman-tmn yang lain blum mendapat informasi tentang program studi Fisioterapi di Stikes Binawan.

  25. irma suryani mengatakan:

    assalamu alaikum
    saya adalah salah satu mahasiswa yang telah diterima tahun ini di fisioterapi unhas.apakah di Indonesia ada program untuk mengambil spesialisnya.

  26. suryo saputra mengatakan:

    assalamualaikum wr wb

    saya mahasiswa fisioterapi d3 ums semester 3
    ak mau tanya, ada nga program beasiswa buat fisioterapi baik di dalam maupun luar negeri..

    terima kasih buat infonya

    • herdinrusli mengatakan:

      sejauh ini saya blum tau klo di Universitas lain….tp setau saya…angkatan pertama alumni S1 Profesi Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makasar telah d pilih 2 orang tuk mlnjutkan S2 Fisioterapi Specialist di Australia (beasiswa)…dan insya allah tahun ini mereka akan melanjutkan study nya itu….

  27. Asep azis mengatakan:

    Salam kenal,
    sy dulu lulusan fisioterapi d4 univ.indonusa esa unggul 2008
    skrng sy kerja jd fisioterapis d klub bskt NUVO CLS KNIGHTS SURABAYA.
    d olahraga msh jarang bgt th..peluang msh luas

  28. Efa mengatakan:

    pelajaran apa saja yang paling sering di pake untuk belajar fisioterapi??
    apakah ada matematika,fisika dan kimia?

    • herdinrusli mengatakan:

      Kardiovaskuler, biokimia, respirarotory, fisiologi latihan, muskuloskeletal, neuromuskuler, farmakologi. Lab dan Radiologi…dan masih bnyak lg blum bsa sya sebutkan…intinya yg berkaitan dgn Gerak dan Fungsi Gerak dr Tubuh Manusia….

  29. YAYAN mengatakan:

    Asslm.saya baru smester 1 D4 Fisioterapi.. tp sya blum tahu prospek kedpan fisioterapi,khususnya D4…!!
    tolong dijlaskan.!!

    • herdinrusli mengatakan:

      prospek k depanya Ft itu sngat bagus…dr fisioterapi kita bsa mngembangkan potensi kita sbgai Tenaga Medis yg Propfesional…dlm bidang Ft….dr Ft kita bsa membuka klinik sendiri…kita bisa mnjadi konsultan Olah raga (mnyangkut Fisik)….kita bs bkerja d Spa, t4 fitnes, dan masih bnyak lg yg menyangkut dgn gerak dan fungsi gerak manusia itu sndiri (fisik )….jd jgn khawatir masalah prospek k depannya…Fisioterapi ibarat lahan Baru yg masih kosong dan masih perlu di tanami oleh Tenaga Medis Profesional yg Handal (mnyangkut lg k Fisioterapinya)…terima kasih

  30. Reisa mengatakan:

    Assalamualaikum…
    Sy lulusan D3 FT yg mau melanjutkan DIV FT.. Ada dimana sj? Klo di Bali ada ga? Krn sy tertarik untuk melanjutkan study ke Bali… Atau mungkin Tahun depan di Bali akan membuka program study DIV FT?
    Trims..
    Wassalam..

  31. Srianna Sihombing mengatakan:

    Saya ingin sekali untuk menempuh pendidikan fisioterapi….
    Mohon bantuan nya..

  32. vikha mengatakan:

    Asslm,,
    Mas kl bisa, bsok2 bwad blog ttg patologi u/ fisiotrapi doonk!!
    Oh ya mas, kl u/ program D3 mas, udda bisa buka praktek mandiri blum?

  33. Roy mengatakan:

    S1..,FISIOTERAPI. UNTUK PEMANTAPAN KEAHLIAN ITU SANGAT BAGUS. Tapi…INGAT KEPUTUSAN MENTRI KESEHATAN NO…..KALAU FISIO HANYA BISA MELAKUKAN UPAYA PROMOSI , EDUKASI dan PREVENSI…SELAIN ITU HARUS DENGAN RUJUKAN ATAU MELALUI DR. REHAB….JANGAN SMP SEMUA CUMA BASA-BASI. . .amin…

    • herdinrusli mengatakan:

      Sebelum saya menjawab perlu saya ketahui dulu Roy ini siapa??Apakah mahasiswa Fisioterapi atau Fisioterapis trus dari institusi mana?? Yang jelas kepmenkes 1363 disitu bukan hanya promotif dan preventif tapi juga kuratif dan rehabilitatif tapi pada kasus yang tidak kompleks,Kepmenkes bukan Undang-undang,tapi S1 profesi Fisioterapi lahir atas Dasar kebutuhan dan di lindungi undang-undang tentang Sisdiknas No 20 tahun 2003 di perkuat oleh SK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional No. 852/D/T/2008 tanggal 13 Maret 2008.Sebagai panduan pelaksanaan program studi, maka secara nasional disusunlah kurikulum pendidikan ilmu fisioterapi profesi yang dalam pengkajiannya Organisasi Fisioterapi Indonesia (IFI) telah merekomendasikan Kurikulum Ilmu Fisioterapi Profesi Fakultas Kedokteran Unhas dengan nomor : Rek/222/X/2006/IFI, tanggal 5 Oktober 2006 sebagai Kurikulum Program Studi Ilmu Fisioterapi Profesi yang layak untuk diimplementasikan.Ini semua lewat perjuangan yang panjang dari Ikatan Fisioterapi Makassar yang di motori oleh Bpk Drs.H.Djohan Aras,S,Ft.Physio. Mpd.

  34. yakitatei mengatakan:

    salam…
    saya masih bingung utk memilih jurusan apa di universiti nanti.bila membaca tentang fisioterapi, saya mula tertarik.tapi,yang dirunsingkan, bagaimana subjek yang dipelajari dalam jurusan ini?banyak ke subjeknya?bimbang jika ia tidak sesuai dengan saya.tolonglah bantu saya…

  35. Andi Pian mengatakan:

    Asslamu alaikum…
    Sy siswa kelas 3 SMA.. Kebetulan sy tertarik ingin melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran Fisioterapis Unhas. Tolong donk, berikan penjelasan mengenai Fisioterapis, pelajaran apa saja yg akan dipelajari, serta prospek kerja kalo lulus ?? Sy mau tau prospek kerja nya … Supaya tdk sia sia…

    • herdinrusli mengatakan:

      Informasi lebih lanjut bisa konsul langsung di Fakultas Kedokteran Prodi Physiotherapi Profesi Unhas Lantai III bagian administrasi Phyosioterapi.

  36. Andi Pian mengatakan:

    Asslamu alaikum,,
    kebetulan saya lulus berkas untuk jalur JPPB / PMJK (Penerimaan Mahasiswa Jalur Khusus), apakah sy bisa lulus di fakultas kedokteran fisioterapi Unhas dgn nilai yg fluktuasi ?? Balas

    • herdinrusli mengatakan:

      Silakna konsul langsung di Fakultas Kedokteran Prodi Physiotherapi Profesi Unhas Lantai III bagian administrasi Phyosioterapi

  37. Andi Pian mengatakan:

    Jika di Eropa yg berkembang pesat..
    Bagaimana di Indonesia sendiri ? Jujur, sy takutnya kalo sudah lulus nanti di fisioterapi, takutnya gak ada mau nerima…

    • herdinrusli mengatakan:

      Di Indonesia Pendidikan fisioterapi dikembangkan sekitar 28 institusi fisioterapi sudah berjalan tapi rata-rata D3.dan D4.Hanya satu yang S1 Profesi.Kenyataannya banyak formasi di PNS belum terisi karena kurangnya tenaga Fisioterapi.

  38. yulan mengatakan:

    kalo d daerah jawa barat fak FT adaa d mana ajah??

    • herdinrusli mengatakan:

      Mohon teman teman yang ada di wilayah Jawa Barat menginformasikan Institusi atau Universitas yang mengelola program Fisioterapi memberikan info lanjut.

  39. fisioterapi bali mengatakan:

    Fisioterapi akan lebih baik jika fisioterapis sendiri mau memikirkan profesinya ke depan, banyak lahan kita diambil orang tapi kita masih berdiam diri, salam dari bali

  40. fajriah mengatakan:

    mas herdinrusli saya mau tanya.
    fisioterapi itu apa yah?
    apakah sama dengan okupasi terapi?
    klo berbeda apa perbedaannya?
    saya lihat di blog ada gambar perawatan anak2 cacat..
    apakah fisioterapi itu utk mengobati penderita cacat, autis atau sebagainya?
    mohon penjelasannya…
    karena saya mau pilih jurusan untuk kuliah nanti.
    trims’s mas..
    wslm

    • herdinrusli mengatakan:

      Silakan baca uraian di atas..Fisioterapi berbeda dengan Terapi Okupasi .Okupasi itu klo dalam terminologinya bermakna Pekerjaan.dan mereka adalah punya tugas yang spesifik serta pendidikan khusus terapi okupasi begitupun Fisioterapi.

  41. TRIASTUTI ERNAWATI mengatakan:

    SAYA MAU COBA BERGABUNG

  42. Sari mengatakan:

    Assalamualaikum,wr.wb.. salam kenal dr saya.. saya sangat tertarik dengan jurusan fisioterapi… tapi gimana ya jalur masuknya.. sebenarnya saya angkatan 09 tapi tahun lalu saya gagal.. dan tahun ini saya ingin masuk di fisioterapi UNHAS.. Mohon informasinya ya… thanks..

  43. Iqlima mengatakan:

    Assalammu’alaikum

    Salam kenal,

    Saya lulusan D3 Ftx Unair tahun 2009. Saya ingin melanjutkan studi S1 fisioterapi saya ke Belanda. Apa ada program beasiswa untuk itu? Gimana ya caranya? Mohon informasinya dan terima kasih banyak.

    Wass,

  44. jee prastari mengatakan:

    salam kenal>>

    saya mahasiswa kebidanan.tp saya akhr2 nie tertarik dgn fisioterapi.stlh saya lulus nti ingin mengambil pendidikan fisioterapi.apa nti bs searah dgn basic kebidanan saya.mohon info nya…

    makasih,

  45. endra wibowo mengatakan:

    saya tertarik dengan fisio terapi. tempat kuliah di jawa yang ada jurusan fisioterapim di mana saja ya…
    n gimana car daftarnya

    • herdinrusli mengatakan:

      Poltekkes Surakarta jurusan D4 atau DIII Fisioterapi( Negeri) atau di Universitas Muhammadiyah Surakarta fak.kes Jurusan Fisioterapi.(swasta) atau daerah Yogya dan daerah lainnya.

    • alwis mengatakan:

      untuk informasi saja untuk daerah jawa barat program studi fisiotherapi ada di stikes cirebon, untuk angkatan tahun 2011 sudah makin banyak peminatnya karena banyaknya kebutuhan tenaga tersebut.

  46. inoscha mengatakan:

    alhmdulah sya sudh dterima jursn fisioterapi. tp sya msh bingung peluang kerja dmsa depan sbg pa & di dmn??? krena lingkungan sekitar sya meremehkan jrusan tsb. mhon infox….. trimz

  47. bagi lulusan FT yg belum bekerja,anda juga bisa mencoba mendaftar menjadi perwira TNI,setelah diterima nantinya tetap menjdi tenaga fisioterapi di rumah sakit TNI baik AD,Laut maupun udara diseluruh indonesia.jadi masih banyak lowongan selagi kita mau berusaha,dari Kapten laut M.Haris Bennu.AMd.FT,SKM.(Lulusan FT 99 Makassar)

    • putraarihandoyo mengatakan:

      gmana dengan ilmu yang kita ? apakah akan berkembang dengan menjadai seorang tentara dan apakah bisa untuk melajutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi ?? makasih

    • whin mengatakan:

      setuju kapten knp teman2 fisio pada bingung cari kerja stlh lls ft padahl aq di palu mash sgt membthkan tng ft u ditempatkn di Puskesmas…. hayooo siapa yang berminat hub 085242149275 ketua ifi cab palu (ERwin Rasyid, Amd.Ft.Akp)

  48. erva mengatakan:

    saya siswi kelas 3 SMA. . .saya mau tanya,kalau misal ingin masuk di jurusan FT,keahlian yang harus dimiliki itu apa?
    Terima kasih

    • herdinrusli mengatakan:

      Keahlian menganalisis pergerakan manusia yang normal dan bagaimana menganalisa hubungan suatu penyakit/kelainan fisik,cedera kaitannya dengan gerak dan fungsi.Dan Physiotherapis akan dibekali ilmu Anatomi,Fisiologi ,Patologi Gerak,Biomekanik,Biokimia,Ilmu Kedokteran ,Radiologi Fisika terapan/Sumber Fisis,Manual Therapy,ExerciseTherapy,Actino Therapy.Singkatnya Physiotherapis bekerja mengobati gangguan pergerakan manusia dengan menerapkan ilmu fisik terapan seperti.sinar laser,Infrared,Gelombang Elektromagnet,Gelombang suara, Latihan khusus,Manual therapy.

  49. Vita mengatakan:

    Salam .. Mau tanya ,, bedanya d3 sama d4 fisioterapi itu apa ?? Nanti kerjanya apa bisa sama/sederajat ??
    Teruz kalau pengen jadi dosen caranya gimana ya ??

    • herdinrusli mengatakan:

      @ Vita.. Salam balik untuk Anda pertama dari segi waktu DIII ditempuh selama 3 tahun sedang D4 ditempuh 4 tahun atau lebih.Dari gelar D3 disebut ahli Madya Fisioterapi (Amd.FT )sedang D4 bergelar sarjana sain terapan Fisioterapi ( SsFt )sehingga kompetensi mereka berbeda.Tapi Rekan-rekan Fisioterapi D3 dan D4 dalam bekerja apa bisa sama atau nggak bukan kompetensi untuk menjawab.Untuk jadi Dosen yah harus memiliki pendidikan minimal S2 dengan level pendidikan yang serumpun atau sejurusan.Itu persyaratan yang diharuskan Undang-undang.Tapi dalam kenyataannya banyak juga pengajar yang menyebut dirinya Dosen tapi pendidikan masih Diploma. Wallahu a’lam….

  50. ayu' mengatakan:

    askum…
    salam kenal dari saya mas…
    saya murid kelas 3 sma jurusan Ipa,
    saya sebenarnya masih bingung tentang karir saya kedepan, nah,, setelah melihat-lihat dan mencari tahu lebih banyak tentang fisioteraphi ini saya jadi ingin bergabung,
    saya mau tanya mas,, kalau peluang kerja antara masuk PTN jurusan Fisioteraphy dengan Masuk Poltekes itu sama apa tidak???
    tolong dijelaskan!!
    waaskum

    • herdinrusli mengatakan:

      Peluang di di terima di PTN lebih berat mengingat PTN lebih banyak peminatnya dan Passing Grade Physioterapy Unhas dalam urutan 5 besar

  51. Rulyan Muslimin mengatakan:

    Aslam… kanda senior FT UH.. saya adalah mahasiswa fisioterapi angkatan 2009 UNHAS… hmm.. saya bingung di Indonesia apa sudah ada yah alumni khususnya PRODI FT S1 sudah ada yang keluar negeri… trus kalau mau lanjutin S2 dimana yah yang bagus…?? (harapannya beg2 sih klo sudah ambil profesi… karena bermimpi i2 baik asal di barengi ikhtiar) makasih kanda….

    wslm

    • herdinrusli mengatakan:

      wsslm..dek Rulyan.saya kenal kok.bisaa ditanyakan langsung ke Prodi soal alumni yang melanjutkan S2.S@ klo dalam negeri sepengetahuan saya baru di Universitas Udayana Bali. Klo kakak senior alumni S1 hanya ada beberapa orang yang mencoba ke luar negeri tapi kayaknya gagal di tes Toefl.Semoga dek Rulyan dan kawan-kawan yang masih muda bisa mewujudkan impian untuk menempuh pendidikan Fisioterapi pada level yang lebih tinggi.

  52. Futi mengatakan:

    saya mahasiswa fisioterapi di akfis dustira. sekedar memberi informasi di jawa barat juga ada akademi fisoterapi tepatnya RS Dustira Cimahi.

  53. deddy mengatakan:

    salammmmmmm,,, Fisioterapi tinggal menunggu KEJAYAANNYA,,,,, WALAU PERJUANGAN INI MASIH PANJANG,,,
    saudara,, nampaknya kita perluh membuat wadah organisasi fisioterapi S1,, untuk lebih di akui oleh profesi laen,,,

  54. wulandari28 mengatakan:

    saya siswi kelas 2 sma ipa,,sya mw msk univ esa unggul jur fisioterapi,,tp sya tkt prospek kerjax krang bgs alx sya kan tgal d kalimantan jd peluang krja dsni krang bsar

  55. nisa mengatakan:

    assalamu alaikum
    salam kenal, mas..
    saya siswi kelas 3 sma, insya allah ingin lanjut d fisioterapi unhas.
    klo bleh tau, skor passing grade fisioterapi unhas yg pastinya brp ya?
    apa sama dengan skor passing grade utk kedokterannya?
    tolong kasih infonya, mas..
    makasih sblmnya..

  56. nisa mengatakan:

    ass, slm kenal mas…
    Sy siswi kls 3 sma, insya allah mw lnjut d fisioterapi unhas.
    Klo bleh tw brp ya kpastian pssing gradex fisioterapi unhas?
    Coz nyari” d internet tu beda” passing gradex…
    Makasih mas sblmx…

  57. ulfah mengatakan:

    ada yang tau tempat kuliah fisioterapi yang negri G???kalau bsa disolo

  58. mita mengatakan:

    ka herdin very-very nice blog..
    lanjutkan!!!
    doain ya ka bisa buat blog sebaik ini juga..

  59. Hartono S mengatakan:

    Selamat sore.
    Mohon informasi, bagaimana caranya memperoleh buku-2 dan bahan bacaan tentang praktek fisioterapi untuk teman saya yang mengalami kelumpuhan karena kecelakaan. Selain memakai brace, penderita lumpuh akan dibantu dengan pengobatan cara fisoterapi.
    Trimakasih, dan salam,
    Hartono
    0815-840-99466

  60. Lizna mengatakan:

    Assalammu,alaykum wrwb,,,
    Salam kenal n salam ukhuwah,,,saya fisiotherapist,,alumni AKFIS RS DUSTIRA CIMAHI -BDG- JABAR,,,
    Utk ade2 yg butuh info pendidikan fisioterapi di wilayah jabar,,ada d RUMKIT TK II Dustira cimahi,,jln Rumah sakit No 1 cimahi – bandung

    Setelah Lulus kuliah fisioterapi,jgn khawatir akan kerja dimana,,insyaAlloh prospek ft sgt bagus

  61. ihsan mengatakan:

    ass.,.salam fisioterapi..
    Bpk saya lulusan ft d3 n tahun ini mau k s1 k unhas..jd ad program untuk beasiswa jg g pak?..ad asrama jg kan pak

    • herdinrusli mengatakan:

      wsslm…beasiswa yang ada hanya dari program A ( Lulusan SMU ) sedang untuk lulusan D3 saya tidak mengetahuinya.untuk info bisa tanyakan ke akademik Unhas Fakultas Kedokteran program studi Fisioterapi telp: 0411 5780104

  62. Asriani Palo mengatakan:

    Asaalamu Alaikum Wr.Wb…
    Msih Ingat ma aq letting…aq btuh bantuan nich.aq btuh SOP Fisioterapi.Bisa bantu yach….

  63. SOFFIE mengatakan:

    ass.saya mau tanya, web akfis dustira jabar apa ea…tuk mempermudah cz sy tggal d sumatera???
    Dan d sumatera f.fisioterapi PTN/PTS dpt d jumpa d mana saja?TERIMAKASIH

  64. Rahayu mengatakan:

    mas saya mahasiswa fisioterapi tingkat 2 fisioterapi di salah satu stikes. saya dulunya IPS jadi agak berat awalnya belajar IPA, tapi berjalannya waktu. saya mulai berharap lulus cepat, karena dosen saya bilang bidang kerjanya luas, saya merasa beruntung saya yg awalnya gak berniat masuk fisioterapi bisa masuk dengan 32 siswa yang lolos ditengah ratusan pendaftar lainnya… yanng saya bingung apakah S1 fisioterapi cuma di makasar. karena jauh sekali saya di jawa. saya tau di Solo Surakarta ada tapi d4, saya berharap s1. ya semoga saat saya lulus nanti ada s1 d jawa. kira2 ada rekomendasi tempat gak?

    • herdinrusli mengatakan:

      S1 Fisioterapi sudah ada di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS ) dan menyusul di Universitas Indonusa Jakarta serta di Universitas Udayana Bali.keep spirit!!!

  65. leni's mengatakan:

    saya mau nyusun skripsi untuk D4 fisioterapi, tp bingung mau ambil judul apa. kira2 menurut teman2 judul apa yg bagus? yg belum ada sama sekali, referensinya gampang di cari dan sampelnya mudah ditemukan. terimakasih.

  66. Siti Rosyida mengatakan:

    Ass,
    salam knal ya.
    Saya bru Lulus SMA,
    Saya tertarik dngan fisioterapy, apa pluang krja k depanx bgus gk ya. .

  67. Siti Rosyida mengatakan:

    Ass,
    salam knal ya.
    Saya bru Lulus SMA,
    Saya tertarik dngan fisioterapy, apa boleh dari jurusan IS ?

  68. Adilahat mengatakan:

    Makasih infonya Pak.. sangat menambah wawasan saya mengenai fisioterapi :)

  69. juzwanita2011 mengatakan:

    assalamu’alaikum …
    2 hari yg lalu adik sya dterima sbg mau hasiswa s1-fisioterapi. tapi sya bgung krena blum tau bagaimana prospeknya ntar ?
    ada yang tau ???

  70. Ummi Masdar mengatakan:

    ass.saya ummi.saya calon mahasiswa unhas fisioterapi,apakah fakultasnya sama dengan fkultas kedokteran,?

  71. Ivan Babang mengatakan:

    salam kenal….
    alhamdulillah saya adalah maba fisioterapi di politekni kesehatan makassar…dan terima kasih atas info-infonya, karena sebelumnya saya sangat buta akan fisioterapi…..

  72. netti mengatakan:

    salam kenal,,..
    aku mahasiswa baru akfis, tapi aku penasaran banget tentang fisioterapi ini,, boleh dikasih tau tentang fisioterapi ?
    thx

  73. Winda Virgina mengatakan:

    mas, apa benar fisioterapi berprospek bagus ke depannya ?

  74. putraari mengatakan:

    ass. saya mahasiswa fisioterapi d3 klo nnti mau jd perwira TNI ap aja syaratnya ya? apakah dari d3 bsa masuk TNI? apakah pangkatnya berbeda dengan si fisioterapi ??????

  75. Zahra mengatakan:

    salam kenal…
    mas mau tanya klo fisioterapi untuk program S1 di semarang atau jogja di univ mna ya???
    terimakasih.

  76. Rinda Quratul A'yun mengatakan:

    asalamualaikumkum.
    saya Rinda,saya dari kab.Jember profinsi Jatim.
    saya sekarang kelas 3 SMA dan saya ingin meneruskan study saya di fakultas fisioterapy.
    saya minta sarannya dimana saya bisa mendapatkan pendidikan yang bagus dan bagaimana caranya?
    terimakasih

  77. annisa mengatakan:

    mau tanya, fakultas fisioterapi
    yg bgus di jawa dmn ya?? Yg s1 ato D4
    makasih :)

  78. Ranie S. Choerunnisa mengatakan:

    untuk menjadi seorang fisioterapis, harus memiliki keahlian apasaja ya?

  79. dahliaa permata dewi thndri mengatakan:

    saya siswa sma nii….

    tentang jurusan fisioterapi ini apa pssinggrad ny tinggi,,,???
    selain universitas yang di sebutkan di atas tadi,, ada universitas yang lain nya ga’????
    contohnya unpad…, law universitas” yang swasta yang menyediakan jurusan ini juga bagus ga’????

  80. NUR KHOLIFAH mengatakan:

    BAPAK, UTK wanita kira2 tinggi badanx harus berapa?

  81. ucii mengatakan:

    kalo dari d3 ft bisa g langsung lanjut ke s1 profesi ft ??
    study ny berapa lama ?
    makasih

  82. dewi natalia mengatakan:

    Asaalamu Alaikum,wrwb.saya mau tanya pak,apakah fisioterapi juga dpt menangani ganguan bawaan lahir spt halnya ROP?terimakasih.

  83. dini sharfina mengatakan:

    ass
    saya pengen masukk jurusan FT unhass
    jalur undangannya adaa ngak tuk jurusan FT?

  84. Lala mengatakan:

    asalamualaikm..
    saya Lala,
    skrg sya uda kls 3 sma ,
    bntr lg mo lulusan ,
    msi bgg ni mo nglnjutin dmna ,
    klo bidan ma fisioterapi bgusan mna si ? n enkn mna ?
    unvrstas yg ad fsioterapi mna aj ya ??

  85. Lala mengatakan:

    asalamualaikummm ….

  86. FT UPN itu bagus ga sih? terus kalo FT UI itu adanya yang dimana ya ?

  87. Muhammad irham mengatakan:

    Asslkm,herdin ini dgn irham lulusan akfis makassar 00,,bolehkah dikirimkan sy dikirimkan sop fisioterapi lewat email sj,trus sy sedikit mau koment,qta sebgai fts,tdk boleh berusaha seolah2 fts itu seorang dokter karna dikepmenkes 1363 pasal 12 13 mengatur dgn jls wewenang ft,fts dapat menegakkan diagnosa tp diagnosa ft bkn diagnosa medis,kemudian penyakit yg bersifat pengobatan,penyembuhan dan pemulihan kes dilakukan berdasarkan permintaan tenaga medis,jd dengan adanya hal ini fisioterapis harus selalu bersikap profesional dan dapat memposisikan dirinya sebagaimana mestinya

  88. lani mengatakan:

    asslkm kak. Saya lani fisioterapis dari UIEA. Saya sempat berbenturan dengan dr RM dan rekan seprofesi dikrnkan saya melakukan visit ke bangsal dgn dr lain. mereka mengatakan bahwa itu tdk bisa dilakukan oleh FTS, yang boleh melakukan visit hanyalah dr, FTS hanyalah menerima rujukan saja krn mnurut mereka kesannya saya seperti meminta2 pasien. Padahal saat pendidikan dan bekerja di jakarta kami sering visit ke bangsal bareng dengan dokter spesialis lain yang punya korelasi kuat dengan profesi kita . bagaimana tanggapan kakak soal ini?

    • herdinrusli mengatakan:

      Sangat tergantung tempat dimana kita bekerja,Di Rumah Sakit Pendidikan Unhas Fisioterapis melakukan Visite bersama tim Fisioterapis,tetapi diawali dulu dengan Seminar2 dan sosialisasi tentang Hak dan Kewenangan Fisioterapi.

  89. lani mengatakan:

    fisioterapi hanya boleh mengerjakan pasien yang dirujuk ke dr RM entah itu pasien poli atau bangsal dan visite hanya boleh dgn dr RM. kalo untuk melakukan visite dengan dr spesialis lain saya dianggap nyeleneh dari ketentuan yg ada. Saya jd bingung salah saya dimana????

  90. maharani mengatakan:

    lulusan d3/d4 fisioterapi itu bisa jd PNS gak sih? mksh

  91. muhamad budi mengatakan:

    mas Herdin, aku mau tanya : Apakah ada tempat Kursus/Pelatihan tentang Fisioterapi yg waktunya singkat ? di Jakarta apakah ada ?…ohya bisakah aku dikirim SOP tentang Fisioterapist ?…makasih mas. salam

  92. karim mengatakan:

    mas,kalo d3 fisioterapis udah bisa buka praktek mandiri belom?

  93. Desi mengatakan:

    Ass,,
    slm knal..
    Sya dsi mhasiswi yg bru akan msug prodi fisiotrapi,,
    sya msh bggu apakah pluang krja d fisiotrapi bsar krna d jambi msh bnyk yg blm tau ttng fisiotrapi??

  94. rsaj mengatakan:

    Rekan-rekan fisioterapis, RS.Atma Jaya Jakarta sedang membutuhkan fisioterapis. Jika ada yang berminat dapat mengirimkan cv ke hrd.rsaj@yahoo.com. terimakasih

  95. koko wijaya mengatakan:

    apakah seorang fisioterapi bisa praktek seperti seorang dokter?

    • herdinrusli mengatakan:

      Fisioterapis dapat melakukan praktek mandiri seperti Dokter. Saat ini Setiap Praktek Fisioterapi harus memdapat surat ijin Fisioterapi dan STR dari MTKP bidang Profesi Keterapian Fisik ( Permenkes 161 tahun 2010 )

  96. Anto mengatakan:

    Assalamu alaikum Wr. Wb.

    Kak, fisioterapi profesi itu apa? Apa lanjutan dari fisioterapi akademik?

    Makasih.

    • herdinrusli mengatakan:

      Profesi adalah lanjutan pendidikan pendidikan akademik S1.Pendidikan profesi langsung praktek di Lahan Praktek ( RS.Klinik, Puskesmas,dan Perusahaan,Koni)

  97. adhegjill mengatakan:

    saya dari riau, saya mau tanya, d daerah riau atau sumbar, dimana tempat fisioterapi yg bagus, thanx

  98. herdinrusli mengatakan:

    Physiotherapist aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: